• Penerimaan Diploma USU 2017
    Penerimaan Diploma USU 2017
  • Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum

banner D3

mandirihasil

pengumumnan SBMPTN 2017

Sistem Informasi untuk mengelola Penjaminan Mutu Universitas Sumatera Utara.

Dalam upaya melaksanakan kebijakan normatif Senat Akademik USU, serta Kebijakan Umum Pengembangan USU dari Majelis Wali Amanat, Pimpinan USU melaksanakan kebijakan operasional yang pada dasarnya melaksanakan suatu transformasi kelembagaan guna meningkatkan kemampuan institusi untuk menjawab tantangan yang berkembang di masyarakat secara tepat dan cepat. Transformasi kelembagaan diarahkan untuk mewujudkan academic excellence, kesejahteraan, dan kepeloporan dalam masyarakat. Selain itu, penyempurnaan kelembagaan dengan tujuan utama untuk menjamin tercapainya sasaran-sasaran yang telah digariskan, melalui penerapan prinsip-prinsip good corporate governance. Proses peralihan ini dilaksanakan melalui proses transisi secara baik dan benar, yang dilandasi dengan kesadaran kehidupan berkomunitas yang kuat, dan dengan upaya yang berkelanjutan untuk menyelaraskan aspirasi tentang masa depan. Sehingga, berbagai hambatan dalam proses transformasi kelembagaan ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Secara singkat, Pimpinan USU telah melaksanakan upaya-upaya untuk menumbuhkan organisasi yang sehat, berdasarkan kebijakan normatif serta kebijakan umum pengembangan USU, seperti yang didefinisikan DIKTI dalam Higher Education Long Term-Strategy (HELTS) 2003-2010 (a healthy organization is characterized by its ability to flourish academic freedom, highly value innovation and creativity. empower individuals to share knowledge and work), agar kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan harapan. Berdasarkan kebijakan normatif yang telah diturunkan oleh Senat Akademik USU, serta Kebijakan Umum Majelis Wali Amanat, serta kebijakan operasional Pimpinan USU, semuanya searah dengan strategi jangka panjang pengembangan universitas yang telah digariskan oleh Dirjen DIKTI, yang menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan kepada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi serta bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkelanjutan, untuk menghasilkan lulusan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan tata nilai seperti yang diharapkan stakeholders, serta memperoleh akreditasi secara internasional, dengan landasan operasional suatu organisasi yang sehat. Dengan demikian, untuk menjamin terlaksananya kebijakan normatif dan kebijakan umum pengembangan USU tersebut perlu disusun program Sistem Manajemen Mutu (SMM) USU yang memberikan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) dan Pengendalian Mutu (Quality Control), yang akan menjadi rambu-rambu operasional bagi seluruh sivitas akademika USU dalam melaksanakan tugasnya.

Mutu Pendidikan di USU bersifat proaktif dalam arti bahwa lulusan USU mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di USU juga mencakup aspek pelayanan administratif, sarana, prasarana, organisasi dan manajemen yang dapat memenuhi harapan sivitas akademika dan masyarakat (baik orang tua mahasiswa, pengguna lulusan, maupun masyarakat luas).

Sistem penjaminan mutu akademik di USU dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Program Studi. Dengan demikian universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi departemen/program studi.

 

Laman : http://umm.usu.ac.id/

Back to top