• Penerimaan Diploma USU 2017
    Penerimaan Diploma USU 2017
  • Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum

banner D3

mandirihasil

pengumumnan SBMPTN 2017

MEDAN : Muhammad Fidel Ganis Siregar, dikukuhkan sebagai Guru Besar (Profesor) Tetap Bidang Obstetri dan Ginekologi (Obgin) pada Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), dalam Rapat Terbuka USU, di Gelanggang Mahasiswa USU, Selasa (04/07/2017).

 

Prof Fidel Ganis Siregar, yang juga Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara (USU) ini, menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul “Optimalisasi Kualitas Hidup Perempuan Menopause di Indonesia. Rapat pengukuhan Fidel ini dipimpin langsung Rekor USU, Prof Runtung Sitepu. Turut hadir Dekan FK USU, Dr Aldy S Rambe, SpS(K), Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung; Ketua Komisi VII DPR, Gus Irawan Pasaribu; Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Baharuddin Siagian dan ratusan undangan lainnya.

Pengukuhan Fidel 2

Dalam pidato pengukuhannya, Fidel menyoroti kualitas hidup perempuan menopause. Menurutnya, peningkatan jumlah perempuan usia tua tentunya akan menimbulkan masalah tersendiri, yaitu dengan munculnya keluhan-keluhan pada masa menopause. Walaupun tidak menyebabkan kematian, namun menimbulkan rasa tidak nyaman dan kadang-kadang menyebabkan gangguan dalam pekerjaaan sehari-hari.

 

“Yang pada akhirnya akan menurunkan kualitas hidup. Padahal pada kurun waktu usia 40 – 65 tahun, banyak perempuan yang mencapai puncak karirnya,” kata Fidel.

 

Menurut Fidel, penanganan keluhan menopause tersebut saat ini dijumpai di tiga masalah kesehatan yang paling penting dihadapi yakni luasnya wilayah Indonesia, minimnya klinik menopause dan hanya terpusat di perkotaan saja, dan masalah distribusi tenaga kesehatan yang masih kurang merata di Indonesia.

 

Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, mengucapkan selamat atas pengukuhan Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG), SpOG(K). Menurutnya, Fidel menambah jumlah Guru Besar FK USU yang tentunya akan turut meningkatkan kualitas USU sebagai universitas negeri tertua di Pulau Sumatera.

 

Pengukuhan Fidel 3

 

Mantan Pesepakbola

 

Sebelum aktif sebagai akademisi, Fidel merupakan dokter di Provinsi Papua Barat. Di masa mudanya, Fidel dikenal sebagai atlet sepakbola yang pernah bermain di PSMS Medan dan Persipura Jayapura dengan posisi sebagai kiper. Di PSMS, Fidel merupakan deputi kiper utama PSMS Ponirin Meka sementara saat di Persipura, Fidel bermain bersama Mettu Duaramuri.

 

Fidel lahir di Medan, 30 Mei 1964. Fidel merupakan anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan dr Marah Ganti Siregar, SpPA dan Ibu Fatimah Hasibuan. Fidel menjalani pendidikan di SD Negeri Pisang-Pala Pertumbukan, SD dan SMP di Lubukpakam, Deliserdang. Kemudian dia pindah ke Medan dan menamatkan studi di SMPN 1 Medan dan SMA Negeri 1 Medan lulus pada 1982.

 

Fidel meraih gelar dokter (dr) di FK USU pada 1988. Diangkat menjadi PNS pada 1989 dan ditugaskan sebagai Dokter Inpres di Provinsi Irian Jaya, Kab Jayapura dan menjadi Kepala UPT Kesehatan Provinsi Irian Jaya pada 1990 – 1993. Pada 1993 dia melanjutkan pendidikan Spesialis Obstetri dan Ginekologi di FK USU dan selesai pada 1997.

Pengukuhan Fidel 1

Selanjutnya dia kembali ke Provinsi Irian Jaya (yang sudah dimekarkan menjadi Papua dan Papua Barat). Dia pun mengabdi sebagai Dokter Spesialis di RSUD Kabupaten Sorong, Papua Barat, sejak 1998 - 2008. Pada 2008, Fidel memilih pulang kampung dan mengabdi sebagai Dosen di USU.

 

“Dalam pengukuhan ini, saya berterimakasih pada Gubernur Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Kab Sorong dan Direktur RSUD Sorong, yang sudah mengijinkan saya pindah untuk menjadi seorang Dosen di USU,” kata suami dari dr Selly Azmeila, M.Ked (Oph), SP.M ini.

 

Ayah dari Muhammad Ernesto Ganis Siregar dan Muhammad Alessandro Ganis Siregar ini, melanjutkan pendidikan Magister Ilmu Kedokteran pada 2011, meraih Brevet Konsultan dalam Bidang Endokrinologi Reproduksi dan Fertilitas dari Kolegium Obstetri dan Ginekologi Indonesia dan meraih gelar Doktor Ilmu Kedokteran pada 2012.

 

Sejak 2011 – sekarang menjadi Ketua Umum Perkumpulan Menopause Indonesia (PERMI) Sumatera Utara. Fidel juga aktif melakukan penelitian. Pada 2013, Fidel meraih pernghargaan International Asia Pacific Menopause Federation (APMF) TG Award di Jepang. Pada 2014 menerima Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI. Sejak 2009 – 2016 mendapatkan tugas tambahan sebagai Sekretaris Departemen Obstetri dan Ginekologi FK USU. Pada Maret 2016 – sekarang diangkat sebagai Wakil Rektor II USU Bidang SDM dan Keuangan. (humas)

Back to top