• Penerimaan Diploma USU 2017
    Penerimaan Diploma USU 2017
  • Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum

banner D3

diplomahasil

pengumumnan SBMPTN 2017



Pijar, Medan. Kumpulan awan mulai gelap, matahari sudah hampir terbenam dengan sisanya yang masih bisa dicecap. Sesaat lagi adzan maghrib berkumandang dan waktu berbuka puasa pun segera tiba.


Ratusan undangan terlihat memadati pelataran halaman belakang Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), pada Jumat, 9 Juni 2017. Jumlah undangan yang mendatangi agenda “Buka Puasa Bersama Keluarga Besar USU” semakin banyak jelang waktu berbuka tiba. Acara dimulai dengan Tilawatil Quran dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H, M.Hum. Selanjutnya sembari menunggu untuk berbuka, K.H. Nazarudin Hasibuan menyampaikan tausiah seputar akhlak manusia. Tak berapa lama, terdengar suara bedug yang dipukul dan alunan adzan. Hari ke-14 untuk berpuasa telah selesai dilalui.

DSC 5304 Custom
Para undangan mengisi tempat yang telah disediakan, duduk secara melingkar atau membentuk barisan memanjang, suasana yang jarang terlihat di halaman belakang Biro Rektor. Tampak hadir antara lain, pimpinan universitas, jajaran wakil rektor, sekretaris universitas, Majelis Wakil Amanat (MWA), kepala biro dan staf ahli, para guru besar, senat akademik, pimpinan fakultas dan program studi.


Dalam awal sambutannya, Rektor mengatakan, agenda buka puasa bersama ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, sekaligus untuk membangun kebersamaan USU. “Karena jika tidak adanya rasa kekeluargaan, keluarga USU tidak akan bisa bekerja dengan baik,” ujarnya.

DSC 5277 Custom


Selama bulan Ramadan setiap tahunnya, USU memang selalu mengadakan acara ini. Pada hari yang diistimewakan tahun ini, Rektorat juga merencanakan agenda Ramadan berupa anjangsana ke panti-panti sosial dalam rangka silaturahmi dan santunan sosial.


Sejumlah menu menggugah selera disajikan pihak Rektorat bagi para tamu. Untuk takjil, disajikan mulai dari kurma, kue-kue, es buah dan kolak pisang. Sementara untuk hidangan utama, disajikan daging sapi dengan saus lada hitam, balado udang dan kentang, anyang sayur serta sup isian bakso dan sayuran.


Salah satu undangan, Rini Susanti yang merupakan keluarga dari salah satu staf mengaku bersyukur bisa berbuka puasa bersama di Biro Rektor. Tahun ini merupakan kali pertama bagi Rini menghadiri buka puasa bersama keluarga besar USU, acara ini baginya dapat menjadi ajang perkenalan dan pengakraban kepada staf-staf dan keluarga yang ikut serta.

DSC 5317 Custom


Bulan suci Ramadan selalu menciptakan kesan mendalam di hati sebagian orang. Suasana silaturahmi yang akrab sembari menikmati buka puasa juga dapat menciptakan semangat kebersamaan. Hal itulah yang diharapkan Runtung Sitepu, kemudian dapat memberikan energi untuk pembangunan USU.


“Bagaimana pun, kita pupuk rasa kebersamaan kita, semangat kita bersama. Menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing, untuk mempercepat pembangunan USU. Dalam rangka mencapai Rencana Strategis (Renstra) universitas yang sudah digariskan pada tahun 2014-2019,” tambahnya.


Rektor juga mengakui, bahwa dukungan dari seluruh civitas akademika juga para alumni terhadap program kerja rektor sangat tinggi, tak terkecuali mahasiswa dengan prestasi-prestasi yang terus digulirkan.

DSC 5357 Custom


Acara pun ditutup dengan salat maghrib dilanjutkan isya dan tarawih, yang diimami oleh K.H. Nazarudin Hasibuan. Bincang-bincang santai di halaman belakang Biro Rektor malam itu juga berlangsung hangat, padahal hujan yang turun baru saja reda. (NH/Pijar)

Back to top