Prof. Abdelkrim Aoudia Ilmuwan dari International Centre for Theoritical physics (ICTS) Tieste Italia menjadi pembicara pada Focus Group Discussion (FGD) USU, Kamis (4 Mei 2017). Kegiatan FGD dengan tema Lake Toba, From Hazard to Competitivenes Through Science tersebut dihadiri oleh tiga unsur masyarakat yaitu Pemerintah Pusat dan Daerah (Perwakilan Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan dan Pemkab Toba Samosir, Lembaga Swadaya Masyarakat (Yayasan Pecinta Danau Toba, Lakspeda Sumut, Horas Halak Hita Sumut, dan BR-GKT Sumut), serta dari kalangan Akademisi (Pokja Pengembangan Pariwisata Danau Toba USU, Universitas Del, UNITA, dan Universitas Simalungun).

FGD 1

Prof. Abdelkrim Aoudia dalam pemaparannya menyampaikan mengenai pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba dengan melakukan eksplorasi potensi Danau Toba dari sisi ekonomi, sosial maupun pengetahuan (science).

FGD 2

Abdelkrim, menekankan pentingnya Research Centre dapat didirikan di Danau Toba untuk membantu kawasan dalam melakukan penelitian mengenai keberadaan fisik alam (Natural Resources) Danau Toba serta keberadaan Research Centre nantinya dapat menjadi leading sector yang dapat memberikan informasi dan data terkini mengenai keberadaan dan status fisik alam di Danau Toba.

FGD 4

Menurut Prof. Abdelkrim lagi fungsi lain dari Reserach Centre yaitu menjadi tempat bertukarnya aneka informasi (sharing information) dengan stakeholders yang terkait dengan data-data fisik alam Danau Toba. Di samping Research Centre akan berperan menjadi education organization sebagai wujud pengembangan masyarakat (Community Development) dalam memberikan dukungan edukasi kepada masyarakat lokal sesuai dengan peran dan kapasitas masing-masing masyarakat agar masyarakat mempunyai interpretasi dan pemahaman yang sama terkait fisik, alam dan lingkungan di kawasan Danau Toba.

FGD 3

FGD tersebut juga dihadiri oleh Parlindungan Purba selaku tokoh masyarakat Sumatera Utara dan juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pusat. Selanjutnya pada Jumat (5 Mei 2017) Prof. Abdelkrim memberikan Kuliah Umum untuk dosem dan mahasiswa di lingkungan Universitas Sumatera Utara. (vie)

Back to top